Ikatan Alumni (IKA) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan pelatihan Media Pembelajaran berbasis Animasi kepada para guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu). Kegiatan pelatihan itu sebagai kontribusi IKA Udinus untuk memajukan guru di Indonesia. 

Kegiatan dibuka secara simbolis oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si. Turut hadir pula Ketua IKA Udinus, Hery Pamungkas, SS. M.I.Kom., dan Ketua Pergunu Jawa Tengah (Jateng), Dr. H. Nur Cholid, M.Ag., M.Pd. Keduanya pun juga memberikan sambutan dan semangat untuk para peserta yang mengikuti pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis animasi.  

Pelatihan pembuatan video pembelajaran diselenggarakan melalui aplikasi zoom. Materi disampaikan oleh dosen Prodi D-4 Animasi Udinus, Nur Rokhman, S.Sn, M.Kom. Sekitar 250 peserta ikuti pelatihan berdurasi sekitar tiga jam tersebut, pada Sabtu, 20 Agustus 2022. 

Ketua Ikatan Alumni (IKA) Udinus, Hery Pamungkas, SS. M.I.Kom., menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan yang diperuntukkan bagi Pergunu, sebagai kontribusi IKA Udinus dalam berkontribusi untuk negeri. Ia pun berharap melalui pelatihan pembuatan video pembelajaran berabsis animasi ini, para guru yang tergabung dalam Pergunu dapat melakukan Transformasi, adaptasi dan inovasi.   

“Kolaborasi antara IKA Udinus dengan Pergunu merupakan rasa hormat kami kepada guru-guru yang telah berjasa memajukan generasi muda Indonesia. Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi para guru semuanya,” kata Hery Pamungkas saat memberikan pidato pembukaannya.  

Sementara itu, Ketua Pergunu Jateng, Dr. H. Nur Cholid, M.Ag., M.Pd., berterima kasih telah memberikan berkolaborasi dan memberikan pelatihan kepada guru-guru yang tergabung dalam Pergunu Jateng. Pelatihan media pembelajaran berbasis animasi ini menjadi inovasi bagi para guru dalam memberikan penagjaran kepada siswa nantinya.  

“Kegiatan pelatihan ini sangat berguna sekali bagi kami. Semoga sinergi ini terus berlanjut antara Udinus dan Pergunu,” imbuhnya.  

Berbagai ilmu diajarkan oleh narasumber dari dosen Prodi D-4 Animasi Udinus, seperti tahapan dalam memproduksi animasi pembelajaran dan juga diajarkan dalam pembuatan karakter, lipsing hingga memasukkan konten edukasi ke dalam animasi. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)

en_USEnglish