Berita Alumni

SEMARANG, dikutip dari suaramerdeka.com – Menjalin relasi (networking) menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan.

Menjalin jejaring pertemanan bisa berasal dari lintas kalangan, utama berjejaring dengan banyak orang sukses.

Karena itu, seseorang yang memiliki networking kuat adalah awal sebagai jawara di dunia bisnis, terutama bagi entrepreneur muda.

Pesan mengenai pentingnya menjalin networking itu disampaikan Ketua Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono dalam webinar bertema “Bertransformasi Menjadi Jawara di Tengah Pandemi” pada Senin, 20 September 2021 yang ditayangkan melalui aplikasi zoom dan youtube, serta TVKU.

Kegiatan ini sekaligus sebagai pembekalan calon wisudawan ke-72 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

“Jadi pesan saya paling pertama bahwa pertahankan persahabatan atau seduluran karena untuk bisa survive sebagai wirausahawan itu butuh networking yang luas dan kuat,” kata Kukrit yang juga CEO Suara Merdeka Network tersebut.

Acara yang dipandu Myra Azzahra itu juga menghadirkan Dr Kusni Ingsih, MM, Wakil Rektor III Udinus, Dr Pulung Nurtantio Andono ST, MKom, Wakil Rektor IV udinus, Dr Guruh Fajar Shidik, SKom, MCs, Dekan FIK Udinus serta Hery Pamungkas, SS MIKom, Ketua IKA Udinus.

Dalam kesempatan itu, Kukrit berbagi pengalaman kepada calon wisudawan selama menjadi pengusaha sekaligus Ketua Kadin Jateng.

Menurutnya, dalam situasi seperti ini dibutuhkan inovatif dan kolaboratif.

“Saat ini kita berada dalam ekonomi yang sulit, puluhan ribu pengusaha yang saya pimpin hampir 90 persen mengeluh kehidupan ekonomi susah. Apa yang harus kita lakukan, kuncinya harus inovatif dan kolaboratif,” ujarnya.

“Lewat kolaborasi akan menciptakan peluang usaha, menciptakan pasar, mengcreate penghasilan. Udinus saya lihat banyak melakukan kolaborasi dengan kampus lainnya, lewat kolaborasi itu Udinus kini masuk menjadi universitas swasta papan atas Indonesia,’ tambahnya,

Pihaknya memberi sedikit gambaran kepada wisudawan, dimana saat pandemi ini usaha makanan dan minuman sehat jadi pilihan banyak masyarakat.

“Contoh saat pandemi saat ini yang namanya catering makanan sehat laris manis, ini jadi satu prospek usaha yang bisa dilakukan teman-teman. Manfaatkan dulu segmen yang ada di dekat kita, contohnya IKA Udinus yang jumlahnya puluhan ribu, bisa jadi pasar untuk wisudawan, kuncinya inovatif dan kreatif. Juga network, teman yang banyak,” bebernya.

Kukrit menambahkan untuk menjadi wirausaha yang handal jaman sekarang juga dituntut melek digital. Terlebih saat ini akses digital tidak sulit, wirausaha harus peka terhadap digital.

“Wajib dan tidak bisa ditawar saat sekarang menjadi wirausahan lewat digital. Manfaatkan sosmed, digital agar bisa menciptakan peluang usaha, lulusan Udinus saya kira tidak kesulitan karena mereka punya Dinustech,” kata dia.

Untuk bertranformasi menjadi jawara di tengah pandemi, Kukrit menekankan networking menjadi solusi, dengan networking setidaknya wisudawan sudah memulai langkah.

“Yang namanya modal tidak selalu dengan uang tapi juga networking, teman banyak, lalu inovatif dan kolaboratif,” terangnya.

“Juga dibutuhkan inisiatif, semua punya peluang yang sama, pesan saya jangan gampang nglokro, jangan gampang putus asa. Harus segera memulai peluang usaha, jika tidak akan diambil orang lain. Selain siap sukses, kita juga harus siap dengan yang namanya kegagalan, itu juga harus dipersiapkan,” jelasnya.

“Pesan saya bahwa di era sulit saat ini kita semua harus jadi part of the solution untuk setiap masalah yang ada. Caranya jangan pernah berhenti belajar.”

“Lewat keluarga IKA Udinus teman-teman bisa belajar jadi orang sukses, ini dimanfaatkan, sharing knowledge, hanya dengan belajar langsung di kehidupan ini kita belajar sukses, kita belajar tidak hanya di kampus tapi di kehidupan nyata. Sekali lagi selamat dan sukses untuk para wisudawan, karya kalian ditunggu,” bebernya.

Mewakili Rektor Udinus, Prof Dr Ir Edi Noersasongko, M. Kom yang berhalangan hadir, Dr Kusni Ingsih, MM selaku Wakil Rektor lll Udinus juga memberi selamat kepada wisudawan dan wisudawati.

“Pertama saya ucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati, manfaatkan keberhasilan ini dengan sebaik-baiknya, kami berharap pelepasan ini merupakan awal sebuah kesuksesan. Udinus sudah membekali pengetahuan dan soft skill, itu harus dikembangkan, kembangkan leadershipnya, kembangkan komunikasinya,” tuturnya.

Sementara Heri Pamungkas, SS. M.I.kom, yang juga Ketua IKA Udinus menambahkan motivasi yang disampaikan Ketua Kadin Jateng sangat bermanfaat bagi wisudawan

“Motivasi yang disampaikan Pak Kukrit sangat bermanfaat bagi wisudawan, pengalaman beliau, semoga ini jadi bekal wisudawan menghadapi kompetisi yang sebenarnya,” pungkasnya.”

en_USEnglish